PasangIklan
Klematis
Klematis
Klematis
Klematis
Klematis
Klematis

04 November 2010

FireShepherd, Solusi Mencegah Add-Ons Firesheep

Baru 1 Minggu sejak diluncurkannya sebuah add-ons berbahaya yang diciptakan oleh oleh Eric Butler, pengembang aplikasi web freelance asal Seattle, di ajang ToorCon Security Conference, di San Diego, Amerika Serikat (AS) bernama firesheep lihat disini. Ternyata add-ons tersebut diunduh banyak orang, bagaimana mengatasi hal tersebut ? Sampai sekarang firewall apapun tidak dapat mencegah ulah "firesheeper". Bahkan berbahaya lagi serangan yang mengambil alih cache dan cookies internet ini dapat menjadikan data tersebut dimanipulasi seperti pada kasus friendster.

Tenang...!!! Brow, nggak usah parno sama hal beginian. itu cuma sekedar terapi buat kalian. hehehe!!! Setelah browsing lama, akhirnya artha sang penyelamat menemukan bagaimana mencegah aksi firesheeper tersebut. Add-Ons gila yang diciptakan dan ditujukan pada akun facebook ini ternyata ada kelemahan. Coba kalian bayangkan (khusus anak JARKOM) cara kerja firesheep pada dasarnya men-sniffing paket data yang ada di jaringan wifi, terus diambil cache dan cookies kalian. otomatis cara kerja firesheep melakukan pekerjaan itu secara berkala. entah per 0,sekian detik.

Cara ampuh mengatasinya adalah dengan membanjiri firesheep dengan paket data per 0,sekian detik. Gak mudeng yah kata-katanya? langsung saja tak kasih, sebuah source code buat melawan add-0ns berbahaya tersebut.

FireShepherd dirilis oleh seorang peneliti independen. Ini adalah program kecil berbasis konsol yang membanjiri jaringan nirkabel di dekatnya dengan paket yang dirancang untuk mematikan FireSheep, secara efektif mematikan program FireSheep dekatnya setiap 0,5 detik atau lebih, membuat kalian dan orang-orang di sekitar kalian aman dari kebanyakan orang menggunakan FireSheep (bisa dijadikan media berbuat baik sesama nih )hehehe. Program ini membunuh versi  FireSheep saat berjalan di dekatnya.

Ketahuilah bahwa ini hanya solusi sementara untuk masalah FireSheep, diciptakan untuk memberi kesempatan masyarakat untuk mengamankan diri sendiri dan orang lain di sekitar mereka dari ancaman firesheep.

Kelemahan : Hal ini juga dapat membuat down jaringan WiFi dan dapat mengakibatkan down pada MAC address kalian. Jadi gunakan dengan benar dan kalian juga dapat menggunakannya untuk pourpose lainnya.

Download FireShepherd
Download Source Code (buat pengembang)
Download Txt

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Penulis Dian Juniarta